Tuesday, February 24, 2009

buka-bukaan

selayaknya orang yang bepergian naik angkutan umum terutama bus, seringkali kita ketiban apes dan ga kebagian tempat duduk. mau ga mau y harus berdiri d. kcuali lo mau nunggu bus brikutnya yg entah kapan datengnya. gw sendiri mrasa cukup bruntung dalam hal 'tempat duduk'. biasanya walaupun gw ga dapet tempat duduk dan harus berdiri, ada aj orang yg tb2 turun di rest area dan gw akhirnya jadi dpt tempat duduk. ini dah kejadian sering bgt. anyway, di bus itu bermacam-macam orang kumpul jadi satu. dari anak kecil sampe nenek2. dari esmud sampe pengamen. gw termasuk orang yang rada ga tegaan klo ngeliat ibu2 yg rada tua harus berdiri sementara gw duduk enak2. well y sering kali gw ngasih tempat duduk gw bwt ibu2. itu c klo rute nya ga jauh y ky dari kebon jeruk sampe rumah gw. klo dari kampung melayu sampe rumah gw harus berdiri c namanya cari mati (dan gw pernah loh berdiri dari rumah gw sampe cawang..sumpah pegel mampus) sayangnya tadi pas gw pulang dari kampus, gw mrasa hati gw agak tertutup awan tebal (halah) sehingga gw membiarkan seorang ibu berdiri sementara gw duduk dg tenang. ceritanya td 157 yg gw naikin tumben2ny masih ada bangku, gw buru2 d duduk di sebelah supir.lalu ada seorang ibu yang naik, dy jalan ke blakang tapi ternyata ga da tempat duduk. gw ngeliatin dy dan dah mikir bwt ngasih tempat duduk ke dy. sayangnya yg gw lakukan cm berpikir dan berpikir. gw ga berdiri sama skali. ow well..alesan gw saat itu adalah gw dah capek dari td jadi gw males klo harus berdiri. sepanjang jalan gw nyesel aj gt knp ga berdiri dari tadi. ow iy..gw pernah ketiban untung setelah kasih bangku gw ke ibu2. ongkos gw dibayarin aj gt ma tuh ibu2. orang baik mmg banyak pahalanya hahaha...
terlepas dari semua itu, gw ngerasa di atas bus kita jadi bisa ngeliat banyak realita. gw pernah nemuin pengamen yg masih kecil bgt. ya ampun..baru 3th kali tuh anak. dy ngamen bareng abangnya gt yg mungkin baru 6th. c anak 3th itu nyanyi sambil nyender di paha gw dan gw lgsg inget sepupu2 gw yg masih kecil. tingginya aja ga nyampe setengah kursi bus. bayangin aj...ga punya otak kali y tuh bonyoknya. gw ga abis pikir d.
terus terang aj..gw termasuk orang yg ga suka dg adanya pengamen. dan gw suka milih2 klo mau kasih uang ke pengamen. kadang gw inget lirik Share Our Hope
"why don't we open our eyes, why do we close our ears, how can we freeze our heart"
well..lagu ini ngingetin gw utk ga 'pelit' sama orang lain. bukannya mau mendidik orang utk terus minta2 tapi klo kita masih bisa berbagi, knapa ga...y kan?
saatnya untuk buka hati, buka mata dan buka telinga...

2 comments:

Anonymous said...

^^
lega dengernya..nic ga berubah..^^

Monica said...

wew...mmg aku bisa brubah ky apa, nda?
hehe...